Rabu, 29 Juni 2016

Belajar Beatbox

Hy bro & sist!
   This is my second blog, blog yang dulu itu "terlalubanyakblog.blogspot.com" yang isinya cuma materi TKJ, sekarang udah ga dipake, dikarenakan jarang nge-post sama jarang dipake. Oke kali ini saya mau berbagi ilmu beatbox kepada kalian semua, langsung saja ya! :)
   Beatbox terbagi menjadi beberapa pattern/kunci/nama skill dan semacamya lah, yaitu:
- B T K
- Deepthroat
- Granulizer
- Liproll
- DLL
   Kali ini saya mau mengajari ilmu dasarnya beatbox dulu, yaitu B T K. Tiga dasar suara beatbox yaitu B T K atau biasa yang disebut bagian alat musik drum:
 1. Kick Drum (B)
 2. Hi Hat (T)
 3. Snare Drum (K)
Belajar Beatbox:
 1.Kick Drum (B)
Contohnya seperti kita menyebut huruf B itu terdengar seperti Be, naah coba kalian sebut B tanpa vokal, yang biasa kalian sebut B itu seperti Be, sekarang sebut B jangan terdengar E nya, menjadi B, rapatkan bibir kalian dan dorongkan dengan menyebut huruf BU. Coba lah berulang kali.

2.Hi Hat (T)
Kalau kamu mengenal huruf hijaiyah yaitu Tsa, maka kalian dapat mudah untuk menyebut T ini, cobalah kalian menyebut T tanpa vokal, yang biasa didengar Te, E nya hilangkan menjadi T, caranya dengan menggunakan lidah kalian dengan sedikit dorong ke gigi, bila terdengar seperti huruf hijaiyah Tsa, maka kalian hampir bisa.

3.Snare Drum (K)
Snare drum tidak hanya K, tetapi ada juga Pf, Inward K, Snare K.
  - Pertama kita belajar Inward K terlebih dahulu, cara belajar snare k ini kalian tidak perlu menyebut huruf k tanpa vokal, tetapi dengan cara bagian gigi belakang (gigi graham) dengan menyebut KEH sambil disedot, kalian pernah denger orang yang lagi sakit gigi kan? atau kalau ada sisa makanan yang nyangkut dibagian gigi, naaah kalian tau suaranya kan? seperti itulah cara kalian membunyikannya.
  - Ada juga Snare K, Untuk teknik ini, bibir harus dibuat rapat supaya tekanan udara di dalam mulut kamu bisa terbangun. Teknik lain yang umum digunain untuk snare ini adalah dengan bunyi huruf K, kalau dilafalin jadinya K atau Kch.
  - Kemudian snare berikutnya yaitu Pf, Suara ini seperti menyebut P, lalu sambung dengan menyebut hurup f , Jadinya Pf atau Puf, dengan bunyi huruf U sesingkat mungkin, cara mencobanya dengan menaruh tembakau atau sobekan daun/kertas, lalu coba tiup benda yang ada di bibir kamu dengan hembusan udara dari mulut kamu.

Contoh pattern buat pemula:

 B T K T B T K T B T K lalu coba ganti dengan Pf menjadi  B T Pf T B T Pf T B T Pf 


Belajarlah setiap hari hari, dan berulang kali, jangan putus asa dan mudah menyerah, belajar beatbox itu butuh proses. Terima kasih udah mau mampir kesini, jangan lupa Rate & Comment yaa :)

Kunjungi juga Purwakarta Beatbox - YouTube https://www.youtube.com/channel/UC5rJIaRjSHUc-DNLG9XXZ7Q
Sampai jumpa! Salam beatboxer indonesia :)
Ferris reyhan jordan A.K.A Jolego
Follow my ig: @newjolego.bx


Tidak ada komentar:

Posting Komentar